I-Musik Formasi Boyband dan Girlband Indonesia mulai pada bubar!

Tahun 2011 demam boyband dan girlband melanda industri musik indonesia, mulai dari smash, 7icon, dan grup lain yang mulai bermunculan dengan cepatnya. namun saat ini september 2012, populasi boyband dan girlband indonesia mulai terlihat menyusut, kenapa?

ulasan ini merupakan pendapat saya secara pribadi.

boyband dan girlband indonesia dibuat untuk mengambil pasar pecinta boyband dan girlband korea yang sedang marak saat ini, namun hampir semua grup tersebut dibuat tanpa konsep yang matang dan tanpa trainee yang mencukupi, makanya penampilan mereka sering sekali lipsinc dan gerakan koreonya juga kurang kompak, parahnya kurangnya koordinasi dengan host acara musik yang membuat mereka mendadak diwawancara dan … ketahuan kalo mic yang mereka bawa ternyata dalam mode off. ini sebenarnya memalukan tapi justru terlihat wajar karena banyak yang melakukan.

konsep yang kurang matang bisa dilihat dari jumlah personil suatu grup yang bisa tiba2 berkurang, #saya saja masih bingung kenapa blink sekarang 4 orang? (saya gak ngikutin banget berita/gosip),# seharusnya jumlah member grup itu jangan berkurang atau bertambah dengan tiba2 karena akan membuat fans menjadi bingung, member dalam sebuah grup juga seharusnya punya keahlian menonjol dalam satu bidang, sehingga tiap member bisa saling melengkapi.

banyak sekali member boyband dan girlband yang tidak begitu pandai menyanyi namun juga tidak menunjukan keahlianya dibidang lain, maka kesan yang timbul adalah “modal tampang doang”.

style boyband dan girlband kurang bervariasi, kelihatan tidak ada tema khusus dan cenderung monoton, coba tengok grup korea, setiap ada single baru pasti penampilan mereka berubah, rambut, kostum dan hal lain juga berubah, ini berguna agar sebuah grup bisa membawa trendsetter.

kebanyakan boyband dan girlband indonesia “tidak terima” jika dibilang mengikuti boyband dan girlband korea atau jepang, sikap ini menurut saya sangat aneh.

dalam beberapa kasus single sebuah grup bisa “sangat mirip” dengan lagu asing, dan tidak dikonfirmasi dengan jelas, membuat tren boyband dan girlband juga dianggap sebagai trend tidak kreatifnya musisi indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: